Skip to main content

Pizza Singkong Yummy, Crispy Dan Menyehatkan



 
pizza singkong kreasi Kendal Gede Kreatif (dok. Maria G. Soemitro)

Berawal  ingin mengenalkan makanan sehat berbahan baku lokal pada anak-anak, kamipun mulai mengutak ngutik resep untuk meracik makanan sehat. Terlalu lama anak-anak digempur makanan miskin gizi dalam kemasan yang dijual di setiap warung dalam gang sempit hingga supermarket besar.

Akhirnya kami mencoba membuat pizza dari tepung mocaf, singkatan Modified Cassava Flour yaitu tepung yang terbuat dari singkong dan dimodifikasi hingga mirip banget dengan tepung terigu. Bedanya tentu ada, karena bahan bakunya beda. Tapi mereka yang sudah sering mengonsumsi makanan berbahan tepung mocaf justru menyukainya. Mungkin seperti MSG yang dulu begitu booming hingga ibu rumah tangga tidak pede jika tidak membubuhkan MSG pada masakannya. Ternyata sekarang? Olala banyak yang mual sesudah mengonsumsinya dan tegas mengatakan “tidak” pada tukang mi bakso yang biasanya membubuhkan MSG banyak-banyak.

Ah, nampaknya pemerintah harus gencar mengkampanyekan tepung local ya? Karena stoknya sudah tersedia di hampir seluruh toko bahan-bahan kue. Bagaimana mau mencapai kedaulatan pangan jika petani tidak dibantu memasarkan hasil produksinya?

Oiya, harga tepung mocaf lebih mahal dibanding tepung terigu yang nyata-nyata sulit dibudidayakan di Indonesia. Aneh bukan? Tepung impor lebih murah dibanding tepung lokal, menjadi indikator bahwa selama ini petani harus berjibaku tanpa bantuan pemerintah.

Ketika memulai eksperimen, kami menggunakan daging cincang tetapi kemudian ibu-ibu berinisiatif menyampurnya dengan sosis agar harganya lebih terjangkau ketika dijual di warung-warung.

Bahan bahan yang digunakan sebagai berikut:

Bahan :
·                     500 gram gram tepung mocaf
·                     250 gram singkong diparut
·                     2 butir telur
·                     1 bungkus ragi instan
·                     1/2 sdt garam
·                     1/2 sdt gula pasir
·                     100 ml air
Bahan Topping :
·         100 gr daging sapi giling/sosis
·         1 buah bawang bombay, dicincang halus
·         2 siung bawang putih, dicincang halus
·         200 ml saos tomat
·         1/2 sdt garam
·         1/4 sdt merica bubuk
·         1/2 sdt oregano
·         2 cabai hijau/paprika, iris tipis

Cara Membuatnya :
1.    Aduk tepung mocaf, singkong, tambahkan telur, ragi, garam, gula dan air sambil diuleni hingga kalis. Diamkan adonan selama 60 menit.
2.    Tumis bawang bombay, bawang putih hingga layu. Masukkan daging giling/sosis, saus tomat, gula dan garam.
3.    Setelah kering tambahkan oregano
4.    Giling adonan dan bentuk bulat diameter 7 cm. Tekan bagian pinggirnya agar lebih tebal. Panggang selama 25 menit.
5.    Taburkan bahan topping, tambahkan cabai hijau lalu panggang hingga matang.

Hasilnya?  Hmmmmm…….. yummyyyy , crispy. Mungkin pengaruh penggunaan tepung mocaf dan parutan singkong menjadikan rasa pizza singkong begitu spesial, gurih tapi ngga bikin eneg. Dan pastinya menyehatkan karena gluten free.  
Tertarik mencoba?

Anak-anak selain ikut masak juga pencicip pertama




anak-anak, tujuan pembuatan makanan sehat 

Comments

Popular posts from this blog

Nasi Tumpeng Singkong Yang Lekker

  Nasi tumpeng singkong pesanan Kecamatan Sukajadi Siapa yang tak kenal tumpeng? Setiap syukuran rumah baru, ulang tahun, khitanan dan berbagai even lain, umumnya penyelenggara pesta menghidangkan tumpeng. Mungkin karena mudah, tidak bingung menyerasikan nasi dan lauk pauknya. Yang penting rame ketika acara motong tumpeng yang biasanya ditandai dengan menyendok puncak tumpeng dan memberikan pada seseorang yang dihormati/disayangi.  Ternyata bentuk tumpeng yang mengerucut keatas merupakan symbol agar kualitas hidup terus meningkat, sedangkan lauk pauk menjadi symbol ekosistem kehidupan alam. Itulah mungkin penyebab begitu beragamnya lauk yang tersaji di tumpeng, mulai dari urap, telur balado, ayam goreng, sambal goreng tempe, perkedel dan tentu saja tak pernah ketinggalan: “sambal!” Mengingat begitu seringnya tumpeng disajikan, kamipun memutar otak agar syukur-syukur jika suatu kali nanti mendapat order, minimal ya memperkenalkan makanan olahan singkong dalam bentu

Imas Masitoh; Perempuan Pejuang dari Kampung Cibungur

Hidup dengan kekurangan materi tidak menyurutkan langkah Imas Masitoh Resmiati untuk berbuat baik pada sesama. Penjual gorengan berusia 42 tahun ini merasa terenyuh melihat banyaknya anak yatim piatu   disekitar tempat tinggalnya.   Imas memahami betapa mereka butuh perhatian dan kasih sayang. Kebutuhan intangible yang sering tidak dipedulikan   di masa serba cepat dan instan ini. Padahal banyak diantara anak yatim piatu yang tergolong anak berkebutuhan khusus. Imaspun   akhirnya   berinisiatif mengasuh mereka. Apa yang dilakukan Imas tergolong nekad. Penghasilan dari hasil menjual gorengan dan keset hasil kerajinan tangan yang dijajakan dari rumah ke rumah, jelas tidaklah cukup. Ditambah suaminya pengangguran akibat pemutusan hubungan kerja. Rumah kecilnya juga tidak dapat menampung penghuni baru karena Imas sudah memiliki 2 anak. Namun Imas percaya, Tuhan akan membantu setiap perbuatan baik. Dan keyakinannya terbukti, bantuan mengalir. Jumlah anak yang diasuhnya bertam

Perkedel Singkong Yang Yummyyyy........

  perkedel singkong, selalu disertakan pada tumpeng singkong Awalnya hanya ajakan untuk membuat nasi tumpeng singkong, sebagai pengganti nasi tumpeng beras yang jamak ditemui diperhelatan. Ternyata salah seorang anggota komunitas, ibu Odang berkreasi membuat perkedel singkong. Rasanya? Luar biasa, yummyyy …… mungkin karena ngga bikin eneg ya? Menurut ibu Odang, singkong bisa diparut halus dahulu kemudian dibumbui, atau dikukus hingga mekar kemudian dihaluskan selagi panas. Bahan-bahannya sebagai berikut: 500 gram singkong 100 gr daging cincang 1 sendok makan margarin 3 siung bawang putih dikeprek 2 siung bawang merah diiris halus 2 lembar daun bawang Merica secukupnya Pala halus secukupnya Garam secukupnya 1 kuning telur 1 putih telur Minyak untuk menggoreng Cara membuat: 1.     Panaskan margarine, tumis bawang merah dan bawang putih yang telah diulek bersama merica dan pala. 2.     Masukkan daging cincang, masak hingga harum dan ai